PENINGKATAN PERANAN SUMBER DAYA MANUSIA DALAM MEMBANGKITKAN WAWASAN DAN BUDAYA BAHARI

Main Article Content

Wegig Pratama

Abstract

Potensi bahari seolah berjalan di tempat, yang ditandai dengan tidak termanfaatkannya potensi, hilangnya kekayaan bahari kita karena pencurian, dan sampai dengan hilangnya sebagian tanah air. Hal ini diindikasikan dengan kebudayaan pesisir tidak berkembang dan cenderung marjinal.


Budaya bahari pada hakekatnya mengacu pada nilai-nilai atau sistem sosial yang mengatur hubungan antara manusia atau kehidupan manusia dengan laut dengan segala aktivitas yang dilakukan di laut, sehingga Sumber Daya Manusia (SDM) menjadi penentu sebuah keberhasilan, maka keberadaan SDM harus selalu dikembangkan untuk suatu keberhasilan program. Berkaitan hal tersebut peran sumber daya manusia yang memiliki wawasan unggul dan berkarakter sangat penting untuk mendorong suskesnya program peningkatan wawasan dan budaya bahari.


Pengembangan SDM dapat dilaksanakan antara lain melalui bidang pendidikan karakter. Pendidikan budaya dan karakter bangsa dimaknai sebagai pendidikan yang mengembangkan nilai-nilai budaya dan karakter bangsa pada diri peserta didik, sehingga akan tercipta SDM di masa akan datang yang memiliki nilai-nilai karakter yang dibutuhkan dalam membangkitkan wawasan dan budaya bahari sebagai karakter dirinya. Selanjutnya diharapkan dengan penerapan pendidikan karakter tersebut akan terbentuk nilai-nilai karakter dalam kehidupan dirinya, sebagai anggota masyarakat, dan warganegara yang religius, cinta tanah air, produktif dan kreatif, jujur, cerdas, tangguh, kerja keras, terbuka, suka tantangan, berani mengambil resiko dan peduli.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

Section
Articles

References

Hi. Ahmad Jajuli, 2011, Peranan Pendidikan dalam Membentuk Karakter
Bangsa, Radar Lampung
Firth.Anthoni, Three Facets of maritime archaeology. Society. Landcape and
critique (http:// www.arch.soton.ac.uk/research/Firth/)
Mansyur Ramli. 2010. Pengembangan Pendidikan Budaya dan Karakter
Bangsa, Litbang Kemendiknas
Mohammad Nuh, 2012, Indonesia Science Festival (ISF)
(http://www.seputarindonesia.com/edisicetak/content/view
/528226/38/)
Thung Ju Lan, 2007, Kebudayaan Dalam Perspektif Bahari Nusantara,
(elib.pdii.lipi.go.id/katalog/index.php/.../8116.pdf)