MANAJEMEN KEAGENAN KAPAL TANKER PADA PT. ARPENI PRATAMA OCEAN LINE TBK. CABANG SURABAYA

Main Article Content

Cahya Purnomo Arfina Safitri

Abstract


Bahwa tidak semua pelabuhan secara ekonomis layak didirikan perusahaan cabang, maka dibukalah perusahaan keagenan. Dalam keagenan kapal dikenal agen umum, agen, serta cabang agen. Hubungan masing-masing tingkatan ini berbeda-beda sesuai batas tanggungjawab. Penelitian ini bertujuan mengetahui fungsi manajemen keagenan kapal, khususnya dalam mengageni kapal tanker. Metode pengumpulan data dengan kuesioner semi terbuka, wawancara langsung, observasi serta dokumentasi. Sedangkan analisis data dengan metode diskriptif-kualitatif. Hasil pembahasan menunjukkan bahwa fungsi manajemen keagenan kapal terdiri dari kegiatan administratif dan kegiatan operatif. Kegiatan tersebut meliputi clearance-in kapal, pelayanan bongkar-muat, pelayanan kapal dan barang, pelayanan crew kapal dan terakhir pelayanan clearance-out kapal. Dokumen-dokumen yang diperlukan dalam rangka pelayanan tersebut lebih banyak dari pada yang tercantum dalam regulasinya, sehingga memberatkan bagi agen. Otoritas yang menangani clearance kapal asing dengan kapal nasional berbeda. Hubungan antara principal dengan agen bersifat satu arah, artinya agen hanya menjalankan kebijakan principal saja. Bongkar-muat kapal tanker masih memerlukan dokumen perusahaan bongkar-muat yang seharusnya tidak diperlukan.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

Section
Articles

References

Arif Mirrian, S., 1985, Organisasi dan Manajemen - Buku Materi Pokok, Penerbit Karunia Jakarta Universitas Terbua, Jakarta
File PT. Arpeni Pratama Ocean Line Tbk. Cabang Surabaya, 2010 Kosasih, E., dan Soewedo, H., 2007, Manajemen Perusahaan Pelayaran-
Suatu Pendekatan Praktis dalam Bidang Usaha Pelayaran, PT. Raja Grafindo Persada, Jakarta.
Kotler, P., 1995, Manajemen Pemasaran-Anaisis, Perencanaan, Implementasi dan Pengendalian, Buku Dua, Edisi Indonsia, Salemba Empat, Jakarta
Moleong, LJ., 2008, Metodologi Penelitian Kualitatif, PT. Remaja Rosdakarya, Bandung
Natzir, M, 1983, Metodologi Penelitian, Ghalia Indonesia, Jakarta BAHARI Jogja Vol.XI No.19 /2011 Juli 2011
Ratminto, Winarsih, A.S., 2007, ”Manajemen Pelayanan- Pengembangan
Konseptual, Penerapan Citizen´s Charter dan Standar Pelayanan Minimal”,
Yogyakarta, Pustaka Pelajar.
Santoso, B., 1998, Port Terminal Operation, P3M AMNI Semarang
Suyono, R.P., 2007, Shipping-Pengangkutan Intermodal Ekspor Impor Melaui
Laut, Penerbit PPM, Jakarta